Be Smart with Blogging

DSC02066

Be Smart With Blogging. Itulah tema kegiatan yang diadakan oleh HMI Cabang Surakarta pada tanggal 5 September 2009 bertempat di Gedung PUSKOM UNS. Kegiatan ini merupakan salah satu dari sekian banyak rangkaian acara untuk menyambut kedatangan Mahasiswa Baru. Beberapa hari sebelum kegiatan ini, diadakan juga diskusi tentang Ahmadiyah di tengah Kerukunan Umat Beragama.

Saat ditemui di kediamannya, Yasser Arafat, Ketua Bidang PA HMI Cabang Surakarta menuturkan bahwa dalam kegiatan ini terdapat 2 materi yang wajib diikuti oleh peserta, yaitu materi pengantar weblog dan cara menulis menarik dan materi teknis cara membuat dan mengelola weblog.

“Sebetulnya acara ini sudah lama direncanakan, hanya saja baru kali ini saja kami dapat merealisasikannya setelah menjalin komunikasi dengan pihak Self Access Terminal (SAT) UNS dan UPT Puskom UNS.” Tutur Yasser

DSC02053

Dalam training ini, terdapat 2 materi yang wajib diikuti oleh para peserta, yaitu materi teknik menulis dan materi teknik pembuatan dan pengelolaan weblog. Hadir sebagai pembicara teknik menulis, Arif Giyanto, salah satu blogger HMI yang aktif menulis di media massa juga pernah membuat buku yang berjudul Bertaruh Citra Dakwah: Membedah Kritis Friksi Muhammadiyah-PKS. Sedangkan untuk materi teknik pembuatan dan pengelolaan weblog, dihadirkan trainer dari Self Access Terminal (SAT) UNS.

Para peserta dikenalkan pada jejaring sosial milik UNS yang bernama Sosial Network UNS dan beralamat di http://blog.uns.ac.id. Pada jejaring sosial tersebut, terdapat juga fasilitas pembuatan weblog.

Kegiatan ini diikuti 14 mahasiswa baru dan 10 kader HMI Cabang Surakarta dari berbagai fakultas di UNS. Sayangnya, kegiatan ini hanya bisa diikuti oleh mahasiswa UNS, karena memang training ini memanfaatkan adanya jejaring sosial milik UNS. Harapannya ke depan, training ini juga dapat diikut oleh mahasiswa selain UNS.

3 thoughts on “Be Smart with Blogging”

  1. Hebat, selamat dan sukses ya atas pelatihannya :). Saya pernah menawarkan pelatihan semacam ini ke HMI Jember 5 tahun lalu, sayang tidak ada yang respon.

  2. bagi teman-teman HMI se-Indonesia jika punya ada agenda kegiatan bisa di share disini, kami akan membantu publikasi nya. trims

  3. @Khoiril
    Makasih mas.

    Betul, tiap2 cabang bahkan komisariat harus mempublikasikan kegiatannya. dimanapun, koran, radio, weblog, website, dll.

    Ada baiknya kita mencontoh prinsip Jokowi dalam memimpin Solo. Jika pemerintah kota solo mengadakan kegiatan dan itu tidak diliput media, maka beliau anggap tidak ada acara sama sekali. Jadi harus di share….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *