HMI Berjuang, Indonesia Menang

2 Fungsionaris PBHMI Wakili HMI Hadiri Seminar PKPIM di Malaysia

IMG-20191028-WA0052

PBHMI.Info- Pengurus Besar HMI (MPO) diundang dalam kegiatan Seminar Pembinaan Kebangsaan Malaysia (SE-BANGSA) Tahun 2019, Oleh Persatuan Kebangsaan Pelajar Islam Malaysia (PKPIM). Memenuhi undangan tersebut, PB HMI mengutus 2 Fungsionaris PB HMI yakni  Satria Alza Perdana dan Zunnur Roin.

Acara yang dilangsungkan pada Tanggal 26 Oktober 2019 di Bangi Avenue Convention Centre Kajang Malaysia itu merupakan rangkaian kegiatan Majelis Perhimpunan Agung Tahunan PKPIM yang ke 58, Bersamaan dengan Ijtima’ Harakiy Kali Ke enam (IH6) Wadah Pencerdasan Umat Malaysia (WADAH), Asosiasi Belia Islam Malaysia (ABIM), dan PKPIM.

Untuk diketahui, WADAH, ABIM dan PKPIM merupakan ormas berorientasi islam yang besar di Malaysia. Ketiga organisasi tersebut merupakan platform yang berbeda dan terintegrasi dalam satu pergerakan dan perjuangan islam.

Secara resmi, Program tersebut dibuka oleh Datuk Anwar Ibrahim yang dikenal sebagai salah satu tokoh politik malaysia, yang pernah menjabat sebagai wakil perdana menteri malaysia tahun 1993-1998. Dan belakangan namanya kembali mencuat ketika memimpin koalisi pakatan harapan dan berhasil menghantarkan Tun Mahattir kembali menjadi perdana menteri pada Pemilu malaysia tahun 2018 lalu.

Acara yang berlangsung sejak Pukul 08.30 hingga Pukul 16.00 Waktu malaysia tersebut, terbagi dalam dua sesi. Membahas topik tentang pluraLisme malaysia dan politik identitas yang selalu hangat sebagai isu sosial politik di malaysia.

Dalam sambutannya, Presiden PKPIM, Muhammad Nur Iman Bin Abdul Kudus menyampaikan konsep tentang Manifestasi Ulul Albab Dalam Kelangsungan Generasi Bintara Memimpin Perubahan,Memaknai Citra Kemalaysiaan.

Secara utuh, Iman menjelaskan ada tiga agenda pergerakan sebagai garis pedoman yang akan disenergikan dengan WADAH dan ABIM. Yaitu, Kesalingan Kaum Agama,Pendidikan Kenegaraan, dan Agenda Nukleus Masyarakat,” katanya.

Ketiga pedoman itu menurutnya dapat menggembleng tenaga,idealisme anak-anak muda malaysia yang bercoral Ulil Albab. Menurutnya, agenda tersebut adalah bagian besar dari instrumen perjuangan untuk mewujudkan kecintaan PKPIM terhadap islam. “HIDUP BIAR BERJASA”, demikianlah jargon utama yang menjadi spirit gerak PKPIM.

Rangkaian acara tersebut ditutup dengan Kegiatan Bincang Tokoh dan Majelis Makan Malam, yang dihadiri oleh wakil perdana Menteri Malaysia Dato’ Seri Wan Azizah Dr. Wan Ismail, Yang dilangsungkan malam harinya.

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest